2/04/2019

TRIP TO SEMARANG! NAIK JOGLOSEMARKERTO JOGJA-TAWANG

Stasiun Semarang Tawang
sc: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Hai! Balik lagi sama gue nih yang udah vakum nulis selama bertahun-tahun, sebenernya ada beberapa draft travelling gue yang setengah jadi, tapi keburu basi jadi ga gue posting :(

Tahun ini gue jomblo travelling lagi ~huhu ke ibu kota provinsi Jawa Tengah, yaitu Semarang! Berangkat dari jogja sekitar jam 8.30 malam, gue memutuskan naik kereta sebagai moda transportasinya. Kalo kalian liat draft postingan gue ke Malang, gue juga pake kereta dari Jogja hehe. Menurut gue sendiri, kereta termasuk salah satu moda transportasi umum yang enak banget buat dipake jalan-jalan jauh.

Perjalanan Jogja-Semarang kali ini gue sengaja pengen jajal kereta baru yang umurnya baru genap 2 bulan waktu gue naik (1/2/19), yaitu JOGLOSEMARKERTO. FYI, kereta ini dikhususkan untuk teman perjalanan sepanjang jalur Jawa Tengah dan DIY. Untuk info lebih lengkapnya bisa cek di https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_api_Joglosemarkerto. Untuk pemesanan onlinenya bisa di kai.id atau di aplikasi KAI Access *Duta KAI EXO Indonesia*

Waktu itu gue pesen di aplikasi KAI Access yang bisa milih seat sendiri. Setelah pertimbangan yang matang, gue memutuskan pesen di gerbong ekonomi nomor 2 dengan nomor kursi 10A. Setelah pertimbangan yang mentah matang tadi supaya ga dapet tempat duduk yang berjalan mundur, nyatanya kursi gue di 10A itu berjalan mundur :( Tapi karena di gerbong gue penumpangnya sepi banget (cuma ada 10an orang), alhasil gue tetep bisa selonjoran di kursi yang jalannya maju hehehe.

Suasana di gerbong yang sepi banget~
Itu yang dipojokan seat 10A punya gue. Tapi berhubung seat 9-10 kosong melompong, gue pindah ke kursi 9D heuheu

Mungkin bisa jadi tips buat kalian (tapi gue ga berani jamin) yang mau cari kursi yang ga jalan mundur buat perjalanan JOGLOSEMARKERTO untuk rute YOGYAKARTA TUGU - TAWANG, carilah angka kursi yang ganjil gaes. Kalo lebih suka di deket jendela pilihlah huruf A atau D, kalau lebih suka nengok ke kanan ya pilih D, kalau lebih suka nengok ke kiri ya pilihlah A. Kalau sukanya liatin orang mondar-mandir di lorong kereta atau biar lebih deket waktu ada makanan lewat, pilihlah B atau C.

Perjalanan kali ini ditempuh kurang lebih 4 jam. Di tiket gue jam keberangkatan ditulis 20.02 (dari Lempuyangan), nyatanya kereta gue telat banget dan kita baru start sekitar jam 20.25. Sepanjang perjalanan, yang gue lakukan hanya selonjorin kaki ke kursi depan gue, mencoba tidur tapi ga bisa-bisa, atau mencoba menatap pemandangan di luar jendela, tapi gelap guys :(

Ini tiket cetak gue. Sebenernya bisa pake e-boarding pass jadi gausah boros kertas, tapi gue lagi pengen nyoba nyetak di mesin pencetak gimandong :(

Akhirnya gue sampe di stasiun Tawang, stasiun terbesar di Semarang, tepat pukul 00.20 di keesokan harinya (karena berangkatnya molor ye ga sesuai sama yang di tiket). Gapake lama, gue langsung nyari pintu keluar karena temen gue udah nungguin gue satu jam lebih di pintu keluar.

Sampai sini dulu perjalanan gue. Di next post gue bakal review beberapa tempat makan yang terkenal di Kota Lumpia ini. Bye~