2/13/2015

7 Hal-hal Mainstream yang Sering Ditanyakan Masyarakat pada Mahasiswa Kedokteran (plus JAWABAN!)

Sebagai mahasiswa FK yang berpengalaman, gue merangkum tujuh pertanyaan yang sering ditanyakan ke seorang mahasiswa kedokteran. Sebagian besar gue mengalaminya sendiri, sedangkan lainnya diambil dari curhatan temen-temen gue yang sering diteror pertanyaan macam ini.

1.      Susah ya masuk fk?

Banget... Tapi masih lebih susah memahami isi otak cowo.
Menurut gue sih susah enggaknya itu tergantung sistem tes masuknya. Maksudnya jenis soalnya.
Kalo universitas negeri kan biasanya lewat SNMPTN, SBMPTN atau UM. Nah, kalo lewat dua jalur terakhir tadi, menurut gue susah abis. Secara, lo harus belajar, bener-bener belajar. Mulai matematika dasar, matematika IPA, bahasa, IPA, ipa terpadu lah, dll. Itu rumit, banget, dan elo kudu bener-bener paham konsepnya, bukan apalan doang kaya yang diajarin di SMA.
Tapi, kalo di swasta sih beda-beda. Ada yang pake jenis soal kaya SBMPTN, ada juga yang tes masuknya macam TPA doang. Iya, TPA DOANG. Berhubung gue jago di TPA, menurut gue gampang lah dibanding soal-soal di atas.

2.      Bayar kuliah berapa? Mahal banget pasti ya?

Uang gedung selama 8 semester di sebuah universitas swasta bisa digunakan untuk membeli sebuah city car terbaru yang sering dimodif mahasiswanya sendiri.. itu baru uang gedung bro
Tapi jaman kan udah maju, sekarang kuliah aja bisa gratis, kan ada yang namanya BIDIKMISI. Lo bahkan bisa sekolah di kedokteran UI tanpa ngeluarin biaya sepeser pun! Ajaib gak tuh? Iyasih keren, tapi mental kan kudu siap juga.
FYI nih ya. Anak-anak kedokteran di kampus manapun, rata-rata pasti anak orang kaya yang penghasilannya di atas rata-rata. Gak jarang, parkiran di FK dibuat lebih lebar dibanding fakultas lain buat nampung mobil-mobil yang nampaknya jadi semacam showroom mobil disana. Bukannya gue ngelarang anak orang kurang mampu sekolah di sana, tapi gue cuma mau nunjukin sedikit dari realita yang ada. Tapi kalo lo bermental baja dan lo siap bersaing dan berprestasi di sana, ya no problem!

3.      Gimana kuliahnya?

Abis denger pertanyaan macam ini, gue pengen nabok mukanya pake guyton, terus bilang, "Begitu rasanya..." dengan santai. Gue pasti keliatan keren abis kaya di film-film action ngahahahahaha
Kalo masalah kuliah sih tergantung lo pribadi aja sih. Kalo gue biasa aja. Kuliah, dengerin dosen, nyatet, tidur, main tablet, bbm-an, nggosip, pulang, nonton drama sampe bosen, makan, belajar, ketiduran. Kalo lo tanya kuliahnya ngapain aja, di kedokteran itu ga cuma dengerin kuliah dosen yang ngebosenin. Lo juga bakal diajarin skills lab, praktikum, sama ada namanya tutorial (ada kampus yg pakai istilah BBDM). Praktikumnya aja ada banyak, mulai dari anatomi (lo bakal ketemu cadaver disini), histologi (ngamatin preparat pake mikroskop), fisiologi atau faal (tentang fungsi tubuh pokoknya), patologi klinik (ini condong ke klinis-klinisnya atau masalah penyakit), biokimia (campuran biologi kimia, jadi tentang proses kimiawi yang terjadi dalam makhluk hidup, dalam kasus ini manusia), dan masih banyak lagi. Sedangkan skills lab menurut gue lebih fokus ngajarin gimana sikap kita dan mengasah skills kita di hadapan pasien beneran nantinya. Mulai dari diajarin anamnesis, cara make stetoskop, tensimeter, dan alat-alat kesehatan lain. Jadi jangan bilang kedokteran cuma bahas masalah biologi dan ilmu pasti. Kita malah belajar banyak di sini, mulai dari bahasa (komunikasi pasien), kimia, matematika, sosiologi, geografi (epidemiologi) sama statistika juga bakal diajarin dikit-dikit.

4.      Udah pernah liat mayat? Serem gak?

Udah pernah pegang malah. Ga serem-serem amat kok, cuman gue nangis dikit... dikit doang
FYI ya, gue nangis bukan karena takut sama mayat atau abis putus dari pacar. Jadi, cadaver (istilah keren buat mayat) yang dipake buat belajar anatomi itu kan udah berumur tua banget tuh, nah biar awet, otomatis musti dikasih pengawet dong? Bener banget, nama pengawetnya itu formalin!
Formalin itu gunanya buat ngawetin mayat biar ga busuk, bukan buat ngawetin bakso! Inget! Jangan disalah-gunakan! Si formalin ini bisa dibilang ngeluarin semacam 'gas' uap yang tak kasat mata, gas itu bisa sampe ke mata kita. Mata kita yg kena formalin tadi bakal mengenali formalin sebagai zat asing, makanya mata ngeluarin jurusnya, yaitu dengan nangis, buat nangkal zat asing tadi.

5.      Cariin jodoh temen lo yang ganteng dong? Gue pengen punya suami dokter nih!

no comment

6.      Gue lagi demam nih, 4 hari ga sembuh-sembuh, sama ada batuk juga. Kenapa ya? (curhat lewat line)

Yang ini nih gue masih ga paham. Udah tau kita masih mahasiswa, koas aja belum, apalagi internship. Dapet gelar S. Ked aja belum apalagi gelar dr. Bilangnya ga mau malapraktik, tapi malah nanya ke orang yang salah... gimana sih

7.      Kenapa mau jadi dokter?

Pertanyaan yang dalem banget. Saking dalemnya otak gue ga nyampe buat mikir ke sana... hahaha
Jangan dipikir, tetapi dirasakan ya. Karena alasan kami yang sesungguhnya bukan pake logika, tapi pake perasaan. Cielah XD

Gue pikir cukup sekian ketujuh pertanyaan mainstream yang sering ditanyakan ke kami. Kalo ada yang mau nambah-nambahin di bawah boleh banget kok :D
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan, sesopan anak kecil lugu yang baru belajar kesopanan